www.AlvinAdam.com

WARTA 24 BALI

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Bahas Nasib Pengungsi Gunung Agung, Kata `Transmigrasi ...

Posted by On 20.07

Bahas Nasib Pengungsi Gunung Agung, Kata `Transmigrasi ...

Gunung Agung Terkini

Bahas Nasib Pengungsi Gunung Agung, Kata `Transmigrasi` Akhirnya Muncul

Bahkan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika memberikan solusi jangka panjang mengenai keadaan pengungsi saat ini.

Bahas Nasib Pengungsi Gunung Agung, Kata `Transmigrasi` Akhirnya MunculTribun Bali/I Wayan Erwin WidyaswaraGunung Agung, Senin (11/12/2017)

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Rapat kerja antara DPRD Bali dan Gubernur Bali yang awalnya diagendakan untuk membahas raperda perizinan tertentu dan jasa usaha, berubah menjadi rapat kerja membahas penanganan erupsi Gunung Agung, Karangasem, Bali.

Bahkan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika memberikan solusi jangka panjang mengenai keadaan pengungsi saat ini.

Bahwa kelak pengungsi bisa saja direlokasi di Bali atau keluar Bali jika aktivitas Gunung Agung masih terus tidak terprediksi seperti ini dalam waktu yang lama.

“Mungkin tidak kita bicara relokasi? Nanti bisa di Bali atau bisa di luar Bali. Seperti saya kan dulu transmigrasi. Tetap ini agak sensitif, nanti dibilang saya mengusir orang Bali,” ujar Pastika dalam rapat kerja bersama DPRD Bali di ruang rapat gabungan DPRD Bali, Denpasar, Senin (11/12/2017).

Ia mengatakan, bagi masyarakat yang punya modal lebih banyak tentu relokasi bisa menjadi jalan jangka panjang.

Namun, masalah lebih pelik ketika yang dihadapi adalah penduduk yang hidupnya hanya dari bercocok tanam dan berkebun dari hasil kesuburan Gunung Agung.

“Yang punya sapi, kebun, nanti kabunnya penuh abu dan sebentar lagi miskin betulan. Kita harus mulai bicara relokasi. Bahwa nanti tanah baru bisa dikelola setelah pasir diambil, itu waktunya sangat panjang,” jelas mantan Kapolda Bali ini.

Dikonfirmasi selepas rapat, Pastika menegaskan bahwa relokasi ini perlu dibicarakan kendati ini agak sensitive, dan ia tidak mau dibilang mengusir orang Bali dari tempatnya.

“Tetapi ada pemikiran relokasi bisa di dalam Bali atau di luar Bali. Di luar Bali ya berupa transmigrasi. Melihat situasi seperti ini, secara hati-hati soal relokasi harus kita bicarakan,” jelas Pastika saat diwawancara awak media.

Mengenai apakah ada rencana membuat hunian sementara bagi pengungsi yang jumlahnya kini sekitar 60-an ribu jiwa, Pastika mengatakan boleh saja tetapi yang perlu dicari adalah dimana tempatnya, kondisi lahannya bagaimana dan bagaimana pula kelanjutannya dalam jangka panjang. Sebab, untuk mencari lahan di Bali bagi relokasi adalah sebuah kesulitan tersendiri.

Halaman selanjutnya 1234
Penulis: A.A. Gde Putu Wahyura Editor: Ida Ayu Made Sadnyari Sumber: Tribun Bali Ikuti kami di Gadis 12 Tahun Melahirkan Diam-diam lalu Simpan Bayi di Almari, Identitas Ayah Bayi Bikin Syok Sumber: Google News | Warta 24 Karangasem

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »