www.AlvinAdam.com

WARTA 24 BALI

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Gunung Agung Kembali Erupsi Akibatkan Hujan Abu

Posted by On 20.04

Gunung Agung Kembali Erupsi Akibatkan Hujan Abu

REPUBLIKA.CO.ID, KARANGASEM -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat Gunung Agung kembali erupsi pukul 10.05 WITA dengan ketinggian kolom sekitar 2.500 meter di atas kawah yang mengakibatkan hujan abu di beberapa kawasan rawan bencana III. Kepala Sub-Bidang Mitigasi Pemantauan Gunungapi Wilayah Timur PVMBG Devy Kamil Syahbana di Pos Pengamatan Gunung Agung, Karangasem, Ahad (24/12) menjelaskan abu gunung mengarah ke timur laut mengikut arah angin.

PVMBG melaporkan terjadi hujan abu di kawasan rawan bencana (KRB) III atau di sebelah timur laut gunung di antaranya di Desa Tulamben dan Banjar Dinas Mondet Kecamatan Kubu, Karangasem, yang berada dalam radius 8-10 kilometer dari Gunung Agung.

Di luar kawasan itu, lanjut dia, Bali masih aman dan tidak terdampak hujan abu termasuk Bandara Ngurah Rai yang masih beroperasi normal karena berada di barat daya dengan jarak lebih d ari 75 kilometer. Devy menjelaskan tim PVMBG telah turun ke Tulamben untuk uji sampel abu gunung api tersebut.

Dia menjelaskan sebagian besar tim menemukan abu di Tulamben sedangkan di kawasan yang lebih dekat dengan gunung, lanjut dia, kemungkinan ditemukan lapili atau butiran abu bulat sebesar biji merica berukuran lebih dari 2 milimeter.

PVMBG merekam aktivitas vulkanik Gunung Agung periodik enam jam yang mencatat adanya sekali letusan dengan amplitudo 28 mm dan gempa vulkanik dalam beramplitudo 28 mm mulai pukul 06.00-12.00 WITA.

PVMBG mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius 8-10 kilometer dari kawah Gunung Agung karena aktivitas vulkanik masih tinggi. Di luar radius itu, aktivitas di Bali masih normal dan berjalan aman.

Sumber: Google News | Warta 24 Karangasem

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »