www.AlvinAdam.com

WARTA 24 BALI

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Menengok Klenteng Chen Fu Zhen Ren di Buleleng

Posted by On 20.05

Menengok Klenteng Chen Fu Zhen Ren di Buleleng

SPORTOURISM - Klenteng Chen Fu Zhen Ren dibangun pada tahun 1873 Masehi yang merupakan tempat pemujaan umat Tri Dharma (Budha, Konghucu, dan Tao). Bangunan klenteng memiliki ciri khas bangunan tionghoa berwana merah dan emas yang memiliki arti kebahagaian dan umur panjang.

Lokasi klenteng berada di dusun Pabean, desa Kampung Tinggi, kecamatan Buleleng, kabupaten Buleleng, propinsi Bali. Mengutip bpcb bali, sampai saat ini bangunan masih dalam keadaan utuh, karena dilakukan perawatan oleh penganut Tri Dharma di kabupaten Buleleng.

Klenteng ini berada di pinggir sungai dan menghadap ke laut (utara). Pada bagian depan dan bagian dalam bangunan utama terdapat mural (lukisan dinding) yang menceritakan kisah-kisah tradisional tionghoa. Mulai sejak awal penciptaan manusia, zaman prasejarah, ditemukannya agama Tao, zaman keemasan kekaisaran Tioinghoa (kisah tiga negara), sampai dengan k isah-kisah pahlawan tradisional tionghoa.

Chen Fu Zhen Ren adalah salah satu leluhur etnis Tionghoa yang dipermuliakan di wilayah Banyuwangi dan sekitarnya. Selain dipuja oleh peranakan Cina yang menetap di Indonesia, ia juga dipuja oleh sebagian etnis Bali dan Jawa terutama yang memeluk kepercayaan Kejawen.

Hanya ada dua sumber tertulis yang mengisahkan kehidupan Chen Fu Zhen Ren, sementara sumber-sumber lain tidak ditulis melainkan diturunkan secara oral. Sumber pertama adalah biografi singkat yang tertuang dalam prasasti pendirian Klenteng Liong Coan Bio di Probolinggo.

Sumber kedua berasal dari dokumen Melayu yang disimpan di KITLV, Leiden, Belanda. Dokumen tersebut berhasil disalin oleh seorang cucu dari pengurus Klenteng Hoo Tong Bio Banyuwangi (nama penyalin tidak berhasil diidentifikasikan) pada tahun 1880 saat ia berada di Buleleng, Bali.

Sumber: Goog le News | Warta 24 Buleleng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »